ambisi orangtua dan cita cita anak

AMBISI ORANG TUA DAN CITA-CITA ANAK

Setiap manusia menginginkan kebebasan dalam hidupnya. Baik dari kebebasan memilih agama, sekolah, bergaul dan memilih hidup bersama. Dalam film yang berjudul dead Poets Society menceritakan tentang ambisi seorang ayah yang menginginkan anaknya yang bernama Neil menjadi seorang Dokter dan ia memaksakan Neil untuk masuk Welton academy, tetapi Neil mencoba untuk mengikuti keinginannya ayahnya meskipun ia tak menyukainya. Neil bercita-cita ingin menjadi seorang pemain teater yang terkenal. Di Weton Academy neil membentuk kelompok belajar bersama Pitts, Perry, Hanger, Knox, Keating, todd, dan Dalton. Saking mereka sering belajar kelompok keakraban sampai hal-hal yang konyol seklipun.

Di Welton Academy, Neil aktif dalam kegiatan teater. Ia diajar oleh seorang guru sastra inggris yang bernama John Keating. dia melihat Neil itu berbakat untuk menjadi pemain teater terkenal.

Suatu hari disekolahnya diadakan pertunjukan teater si anak itu memerankan tokoh dalam teater sangat bagus, dan pertunjuan tersebut berjalan dengan sukses. Lama-lama sang ayah pun mengetauinya dan ia pun melarang neil untuk bermain teater, tetapi sang anak menolaknya dan akhirnya ia bunuh diri dengan cara menempak ke bagian kepalanya karena ia merasa frustasi tak bisa membuat ayahnya bangga pada dirinya.

Dalam film itu kita semua dapat mengambil Hikmatnya yaitu jangan sekali-kali memaksa anak untuk mengikuti keinginan orang tua, karena si anak pun mempunyai cita-cita yang dia suka. Jika orang tua memaksa anak untuk mengikuti keinginannya, si anak akan menjadi steres bila ia terus menerus dipaksa.

Memang sulit menjadi orang tua yang baik, di saat kita mendengar keinginan sang anak dan tahu apa yang dia inginkan tetapi kita selaku orang tua tak menyetujuinya dan mengangap jika keinginanya itu salah. Selaku orang tua kita harus bersikap demokratis terhadap anak, jangan ingin menang sendiri dan mengangap jika orang tua selalu benar.

Dalam survei di salah satu majalah Orang tua idaman itu mempunyai kriteriak orang tua .di anggap baik atau demokratis jika:

eengangap jika orang tua selaau benar.inginan orang tua :

  1. Orang tua bisa menjadi teman atau sahabat bagi si anak.

Dalam hal ini orang tua harus berperan ganda, tidak hanya menjadi orang tua saja tetapi kita harus menjadi patner yang baik bagi si anak.

  1. Orang tua harus menjadi pendengar setia sang anak.

Meskipun kita sebagai orang tua sibuk, sebisa mungkin kita harus mengetaui kejadian apa yang di alami oleh sang anak pada hari ini.

  1. Jangan memaksakan sang anak untuk mengikuti keingnan kita.

Jika sang dipaksa untuk mengikuti keinginan orang tua, sang anak akan merasa jika ia tak di hargai oleh orang tua sendiri.

  1. Jangan sekali-kali membandingkan sang anak dengan orang lain.

Jika orang tua membandingkan anaknya dengan orana lain, ia akan merasa bahwa ia bukan anak kandungnya atau sang anak akan merasa bahawa ia hidup di dunia tak berguna karena selalu di banding-bandingkan.

Ismi Rizka M.

10080005112

Kelas A

~ oleh cardut pada Januari 29, 2008.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: