Resapan Air di Bandung Utara

Air merupakan salah satu kebutuhan manusia yang tidak bisa diabaikan. Manusia akan selalu membutuhkan air untuk kehidupannya, tidak hanya manusia tumbuhan dan hewan pun demikian. Air bersih bagi manusia banyak fungsi dan manfaatnya. Baik itu digunakan untuk, minum, masak, kebersihan baik itu mandi maupun mencuci dan lain-lain. Penggunaan air bersih sangat menentukan kesehatan penggunanya, maka dari itu krisis air merupakan salah satu masalah yang tidak bisa diabaikan begitu saja. Setiap manusia memiliki peran dan tanggung jawab dalam melestarikan tersedianya air bagi kehidupannya. Di Bandung, yang jumlah masyarakatnya setiap tahun semakin bertambah, menjadikan pasokan air bersih yang tersedia tidak bisa mencukupi kebutuhan sehari-hari.

Kawasan Bandung Utara (KBU) termasuk Punclut semuanya adalah daerah resapan air, pemasok air tanah di cekungan Bandung. Oleh karenanya fungsi resapan air KBU harus dilestarikan. Caranya, dengan menghindari penambahan bangunan fisik yang justru dapat mengurangi kapasitas KBU sebagai daerah resapan air.

Selama ini memang ada orang yang melihat secara berbeda, bahwa Punclut bukan daerah resapan air. Namun itu tidak tepat.Yang benar adalah karena kondisi batuan yang berlainan, tidak semua bagian bisa meresapkan air dengan tingkat yang sama. Jadi memang ada bagian yang tingkat resapan airnya rendah dan ada yang tinggi. Tapi itu tidak banyak berpengaruh. Secara faktual kawasan Bandung Utara termasuk Punclut itu semuanya

merupakan daerah resapan air yang harus dijaga kelestariannya. Tujuh puluh lima persen cadangan air tanah yang ada di Bandung itu memang berasal dari kawasan Bandung utara.

Kini pembangunan perumahan di Bandung Utara mulai bangkit kembali. Akibatnya, KBU sebagai daerah resapan air tanah beralih fungsi. Dampaknya, Cekungan Bandung bakal mengalami krisis air sangat parah. Sebanyak 97 pengembang telah mendapat izin untuk membangunan perumahan di KBU. Berdasar aspek geologi lingkungan, daerah yang seharusnya paling dilindungi untuk menjaga suplai air tanah ke Cekungan Bandung adalah KBU. Sebab, KBU merupakan daerah resapan air tanah utama yang terbentang dari Jln. Setiabudi-Lembang ke arah barat hingga Padalarang. Selain itu kualitas air tanah di KBU juga harus dilindungi karena rawan pencemaran.

RADHITYA QURBANY 10080005003

 

~ oleh cardut pada November 20, 2007.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: