Sehat Di Kota Padat?

Oleh: Anak Agung Gde (10080005043)

Melihat keadaan Kota Bandung yang “sumpek hari ini”, dengan hiruk – pikuk aktivitas masyarakat Kota Bandung yang beranekaragam, banyak menimbulkan masalah – masalah baru yang berdampak pada kesehatan jasmani warga Kota Bandung sendiri.

Kelihatan sangat ironis memang, dulu Kota Bandung sangat terkenal dengan Udaranya yang sejuk dan pemandangan indah, ”Tetapi” kita lihat Bandung hari ini. Pembangunan gedung – gedung bertingkat, jalan – jalan baru, yang mengharuskan ditebangnya ”Pohon” yang berfungsi sebagai paru – paru Kota Bandung.

Rasanya sangat kecil kemungkinan kita sebagai warga Kota Bandung, untuk memperoleh udara yang baik untuk bernafas, melihat keadaan Kota Bandung sekarang ini, dengan begitu banyaknya kendaraan mengeluarkan polusi udara dengan “hebatnya”, ditambah lagi sulitnya warga Kota Bandung mencari tempat yang baik untuk berolahraga.

Jadi saya harus gimana donk ?

Pertanyaan diatas mungkin menjadi pertanyaan warga Kota Bandung saat ini, ada secercah harapan untuk menjawab pertanyaan itu.

Di daerah Bandung Utara, Dago yang notabene padat dengan kendaraan, terdapat satu arena olah raga yang sedang digandrungi remaja Kota Bandung, Utara khususnya. Futsal nama olahraga ini.

Futsal adalah permainan sepak bola lapang kecil yang biasa di mainkan 5 orang dalam satu team. dalam olahraga ini dibagi 2 babak dan Lamanya permainan 20 – 25 menit / babak, kalau kita berebicara soal peraturan tidak beda jauh dengan permainan sepak bola lapang besar.

Futsal di Kota Bandung saat ini ibarat ” AIR ditengah padang yang GERSANG”. Jika dilihat lebih dalam penikmat olahraga ini cukup beraneka ragam, dari mulai anak sekolah, mahasiswa, bahkan karyawan.

 

Wawancara saya dengan Pengelola Futsal Dago

Sintia pengelola Futsal Dago berbicara: Futsal sendiri didirikan Tahun 2005 oleh pemilik Plasa Dago. Alasan dia mendirikan arena futsal ini karena melihat begitu banyak warga Kota Bandung yang jarang sekali berolahraga karena alasan tidak ada tempat dan waktu. Arena futsal ini telah berhasil mengatasi keluhan tersebut, dengan cara membuka arena ini dari jam 9 pagi – 12 malam agar warga Kota Bandung,Utara khususnya yang memiliki jam kerja pulang malam masih sempat memanjakan raganya dengan berolahraga di malam hari. Dalam satu hari Kira – Kira pengelola menerima 20 kelompok penikmat futsal dengan usia yang berbeda – beda, tetapi memiliki tujuan yang sama yaitu SEHAT.

 

Wawancara saya dengan Penikmat Futsal

Menurut Kemal seorang Mahasiswa, bermain Futsal sanagat baik untuk kesehatan badan, karena cukup menguras keringat. Selain itu tujuan Kemal bersama teman – temannya bermain futsal “Temen-temen biar kompak” ungkapnya. Kemal biasa menghabiskan waktu di arena Futsal 1-2 jam. soal tempat, Kemal menuturkan cukup strategis karena deket Kampus, Cuma fasilitas harus ditingkatkan lagi

 

Pemikiran bermakna dari fenomena diatas mudah – mudahan bermakna bagi warga Kota Bandung, utara khususnya.

Kota yang maju adalah kota yang dapat menyehatkan suasana KOTA dan WARGA secara bersamaan dan berkesinambungan.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

~ oleh cardut pada November 19, 2007.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: